Minggu, 10 April 2016

Cara mengajarkan Ukuran Panjang Matematika Dasar

Ukuran panjang? apa itu? sudahkah di ajarkan untuk anak sekolah dasar?
Ukuran panjang di sini adalah cara mengukur tangga ukuran panjang. seperti cm ke dm dan lain sebagainya. 
ya. ukuran panjang sudah mulai di ajarkan mulai dari kelas 2 Dasar. Sebetulnya ini agak sedikit sulit untuk diterapkan, mengapa? karena sudah ada pembagian ratusan dengan puluhan. Padahal secara garis besar kita tahu bahwa kelas 2 belum belajar pembagian ratusan dengan puluhan. Walaupun secara teknis ini merupakan hal yang gampang untuk anak. Hanya tinggal mencoret angka nol saja. oke saya akan coba berikan tangga ukurannya seperti di bawah ini:

12222222
Mulanya kita ajak anak untuk membaca tangga ukuran dengan bernyanyi atau pun cara lain yang memudahkan anak agar bisa menyerap lebih cepat. Bisa dengan "Kalau Haus DApat Minum Dari Cangkir MaMa". Jika anak sudah mulai menarik dalam membaca tangga ukuran panjang ini baru kita bisa masuk ke contoh soal. Contoh soal:

1.  2 m =                cm

karena tangga turun maka di kali. Untuk siswa kelas 2 mungkin agak sulit pemahaman jika turun 1 tangga dikali 10 dan 2 tangga di kali 100. Jika ditanya kebanyakan dari siswa pasti menjawab turun 2 tangga menjadi 20. Maka, untuk memudahkannya menggunakan cara perkalian 2x. Begitu seterusnya dan berlaku kebalikannya.

cara penyelesaian soal 1:

 = 2 x 10 x 10
 = 20 x 10
 = 200 

 jadi, 2m = 200 cm

2. 500 dm =          dam

karena naik 2 tangga maka pembagiannya pun 2x.

cara penyelesaian soal nomer 2:

= 500 : 10 : 10
= 50 : 10
= 5


75% siswa pasti bingung di awal dengan pembagian ini. Cara gampangnya adalah dengan mencoret nol. Jika dibagi 10 maka nol di coret begitupun pada angka yang membagi, coret 1 nol nya. Secara teknis ini sangat mudah untuk siswa. Tapi harus kita pastikan mereka paham konsep yang di berikan sehingga tidak terjadi kesalahan ketika latihan.  Jika setelah diberikan materi secara klasikal latihannya masih banyak yang salah segeralah membuat kelompok-kelompok kecil dalam kelas agar semua siswa bisa mengerti. Pastikan mereka paham dengan yang diajarkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar