Seperti yang kita tahu bahwa matematika adalah pelajaran yang paling membosankan bagi sebagian anak dan itu menjadi monster bagi mereka karena pelajaran ini termasuk pelajaran yang membutuhkan konsentrasi yang lebih. Belum lama ini pendidikan tingkat dasar heboh
dengan konsep perkalian. Begitu banyak comment yang masuk mengenai hal ini.
Betul memang jika mengajarkan konsep untuk anak dasar pendidik juga harus paham
betul apa yang diajarkan. Tidak seperti
pendidikan ala teko dan cangkir, guru hanya menuang dan murid menerima dengan senang hati.
Di sini Ibugurucantik akan coba bahas konsep
pembagian. Karena jika tidak betul betul di pahami ini menjadi kesalahan
pemahaman yang besar buat anak nantinya.
Contoh : 12 : 4 = ?
Pembagian = pengurangan berulang
Jadi, yang dimaksud adalah jika kita mempunyai 12
buah strawberry akan dibagikan ke empat orang sama banyak. Maka, langkah
pertama yang kita lakukan adalah mengambil 4 buah strawberry untuk dibagikan ke
4 anak. Begitu selanjutnya sampai buah strawberry habis. Sehingga masing-masing
dari anak mendapat 3 buah strawberry.
Bagaimana dengan penjumlahan berulangnya?
Apakah 12-3-3-3-3 = 0 atau 12-4-4-4 = 0 ?
Jika digambar maka akan seperti
ini
Karena setiap kali strawberry yang diambil adalah
4 maka penjumlahan berulangnya adalah
12-4-4-4 = 0
Yang dilihat bukan yang ada di dalam kotak
melainkan jumlah setiap strawberry yang diambil.
Menurut Ibugurucantik ini menjadi konsep yang
cukup membingungkan anak jika pendidik tidak mengetahui konsep yang benar.
Jadi, sebagai pendidik kita harus memastikan apa yang anak dapat itu adalah
benar (tidak salah konsep).
Jika kurang paham dengan penjelasan di atas
Ibugurucantik punya referensi dari PPPGM berikut ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar